Integrasi Iman dan Ilmu

Pertama gw mau teriak “HOREE” dulu atas postingan pertama gw di blog po12 ini.😀

Yang akan gw bahas di sini mengenai khotbah bang Ronald Oroh di ibadah natal POUI tanggal 15 Desember 2007.Muncul pertanyaan di benak gw saat mendengar khotbah itu : apakah selama ini gw sudayh mengintegrasikan ilmu dengan iman!? Apakah selama ini PO Fasilkom sudah mengajarkan jemaatnya untuk mengintegrasikan ilmu dengan iman!?  Sayang sekali jawabannya adalah belum. Selama ini kita seringkali membeda-bedakan antara hal “rohani” dan “bukan rohani”. Seringkali kita menganggap bahwa mempelajari suatu ilmu pengetahuan itu tidak ada hubungannya dengan keimanan kita. Pemikiran seperti ini adalah pemikiran yang salah dan harus diubah. Ingat kembali apa tujuan hidup kita di dunia ini. Jika (dan memang harus) tujuan hidup kita adalah memuliakan Allah, berarti Allah (firman Allah) harus menjadi dasar dalam setiap aspek kehidupan kita. Termasuk saat kita mempelajari suatu ilmu pengetahuan. Kita harus melihat lagi ilmu yang kita pelajari melalui perspektif kebenaran Allah. Kita harus belajar mempertanyakan : apakah ilmu yang saya pelajari ini sesuai dengan kebenaran Allah? Apakah ilmu yang saya pelajari ini bisa dipakai untuk kemuliaan Allah? Bagaimana caranya saya menggunakan ilmu ini untuk kemuliaan Allah!?

Intinya: untuk hidup memuliakan Allah, Allah harus menjadi dasar dari semua aspek kehidupan kita termasuk saat kita mempelajari suatu ilmu pengetahuan (kuliah).

2 thoughts on “Integrasi Iman dan Ilmu

Tinggalkan Balasan

