Nama-Nama Allah

Tema : Nama-nama Allah
Tanggal : 6 oktober 2006
Pembicara : Kak Irwan Hung

Apalah arti sebuah nama?
(William Shakespeare)

Ungkapan diatas mungkin sering kita dengar. Apa sih pentingnya “nama” itu?
Setiap benda,orang,atau apapun pasti mempunyai nama. Nama menjadi sesuatu yang sangat penting. Bayangkan jika setiap benda,orang,atau apapun tidak mempunyai nama,tentu kita tidak bisa bayangkan bagaimana kita bisa memanggil,membedakan suatu benda,orang atau apapun dari yang satu dengan yang lain.

Hal-hal berikut menandakan pentingnya sebuah nama:
1. Nama menandakan suatu eksistensi(keberadaan).Contoh : Jika kita mencari “tahu” kepada pedagang di Afrika,tentu kita tidak akan mendapatkannya.Namun jika kita menanyakan “tahu”(dalam bahasa Afrika) tentu pedagang tersebut mengerti keinginan kita.Hal ini menandakan bahwa “tahu” itu ada atau tidak.
2. Nama sebagai identitas untuk mengenal. Dari nama kita bisa mengenal sesuatu.Contoh : Kej 2 :13
3. Nama memberi arti. Contoh : Kej 4 :10 , Kej 5 :29 tentang Nuh.
4. Nama yang diberikamenandakan otoritas si pemberi nama. Contoh : Adam dengan Hawa. Hawa diberi nama oleh Adam. Adam juga memberi nama kepada semua binatang berarti Adam (Manusia) menguasai atau ber-otoritas terhadap binatang.

Allah pun mempunyai Nama-Nama yang dikenal. Bahkan Nama Allah sangat penting karena orang yang mengenal Allah, percaya kepadaNya, tidak ditinggalkanNya. Seperti kata Daud :

Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN.(Mazmur 9 :10)

Allah yang kita sembah mempunyai beberapa Nama yang sering digunakan dalam Alkitab. Inilah Nama-Nama Allah yang sering digunakan di Alkitab :
A. Dalam Perjanjian Lama
1. ELOHIM
Artinya God (Allah) atau Allah yang Maha Kuasa, Pencipta(Kejadian). El berarti mighty sedangkan Him itu Maskulin(jamak). Kata Elohim dipakai dalam Alkita sebanya 2570 kali.

2. YHWH
Artinya Lord. YHWH ditakdapat digabung seerti YHWH-ku atau dengan kata kepunyaan yang lain. Waktu musa menulis kata YHWH, dulu tidak ada huruf vokal. Kata YHWH pertama kali muncul pada Kejadian 2, lalu Kejadian 3 :13,Kejadian 2 :4.

3. El Shaddai
Artinya Allah berkuasa(dalam pemeliharaan manusia). Kata Shad berarti dada,yang melambangkan kesuburan, Allah memelihara dengan melimpah. Contoh : Pada Kejadian 17 :1 ketika Abraham mulai ragu namun Allah menyatakan bahwa Ia memelihara, Kejadian 28 :3 perkataan Ishak thd Yakub, Rut 1 :20, Mazmur 22 :10.

4. Adonai
Artinya seperti Elohim,namun untuk menyatakan kepunyaan. Kata Adonai sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Israel. contoh : Mazmur 8 :1 “Ya YHWH, Adonai..”, Mazmur 54 :6.

B. Dalam Perjanjian Baru
1. Theos (PL : Elohim)
Artinya Penguasa tertinggi.

2. Kurios (PL : Adonai)
Sering dipakai murid-murid Tuhan Yesus untuk memanggil Tuhan Yesus. Menyatakan hubungan murid(manusia) dengan Tuhan Yesus(Tuhan).

3. Pater
Artinya Allah Bapa. Menggambarkan hubungan Israel kepada Allah

Namun bagaimana dengan kita? Apakah kita menggunakan namaNya dengan benar? Kita mungkin sering menggunakan “God bless you” atau Gbu ketika kita berbicara atau mengirim sms. apakah didalam hati, kita benar-benar berharap Allah memberkati orang tersebut?
Alangkah baiknya jika kita menggunakan nama Allah dengan benar seperti mengucap syukur, memuliakan Allah dengan pujian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s