HIDUP BERHIKMAT

18 Maret 2011

Amsal 3: 1-10

Hikmat adalah kecakapan seseorang untuk menerapkan setiap kebenaran yang ada pada situasi tertentu sehingga menemukan solusi yang terbaik.

Orang-rang berhikmatlah yang saat ini sedang dicari-cari dunia. Hikmat tidak sama dengan pintar. Orang pintar banyak, cth: komentator sepakbola Indonesia banyak yang pintar (tetapi sepakbola Indonesia tidak maju-maju). Firman Tuhan merupakan sumber hikmat, yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan berhikmat banyak berkat yang akan kita peroleh (ay 1-10). Namun ingat, setiap berkat ada syaratnya (ada perintah Tuhan yang harus kita lakukan terlebih dahulu).

Perintah-perintah yang harus kita lakukan untuk memperoleh hikmat yang daripada Tuhan :

  1. Hiduplah dalam ajaran firman Tuhan dan memeliharanya (ay 1) Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.(Kol 3:16)

 

Tahukah kamu??

Baca alkitab 15 menit setiap hari maka satu tahun akan menamatkan satu alkitab.

  1. Hidup dalam kasih dan kesetiaan.(ay 3) Hikmat Allah adalah hikmat yang membawa kita untuk mengasihi, berbeda dengan hikmat dunia yang biasanya cenderung membawa kita untuk merugikan orang lain agar menguntungkan diri sendiri.

Co: Yusuf setia -> sukses tanpa merugikan orang lain.

  1. Percaya kepada Tuhan dengan segenap hati.(ay 5) Serahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan (masa depan kita ditangan Tuhan, Tuhan yang jamin).

Contoh perbuatan tidak mengandalkan Tuhan : korupsi, mencontek

Segala sesuatu didoakan dahulu, jangan bersandar kepada pengertian kita sendiri dan jangan kuatir.

  1. Akuilah Tuhan dalam segala lakumu.(ay 6) Gunakan segala sesuatu untuk mempermuliakan dan menyenangkan hati Tuhan. Krpintaran dan nilai bukanlah hal yang utama, tetapi belajarlah untuk mempermuliakan Tuhan.
  2. Jangan sombong, takutlah akan Tuhan, dan jauhilah kejahatan.(ay 7)
  3. Muliakan Tuhan dengan hartamu.(ay 9) Jangan pernahgaya melebihi sikap kita dalam memberi. Jangan membeli barang dengan harga sekian kita kita belum pernah memberi untuk pekerjaan Tuhan dengan jumlah yang sama.

 

Berkat yang akan kita peroleh ketika kita berhikmat:

  1. Panjang umur dan damai sejahtera (ay 2)
  2. Mendapatkan kasih dan penghargaan dari Allah (Tuhan yang mempromosikan kita).(ay 4)
  3. Jalan kita akan diluruskan, segala sesuatu yang kita kerjakan akan Tuhan buat berjalan dengan mudah, segala masalah dapat kita hadapi dengan mudah. (ay 6)
  4. Memberi kita kesehatan. (ay 8)
  5. Berkat materi dan keuangan.(ay 10)

 

Lagipula, anakku, waspadalah! Membuat banyak buku tak akan ada akhirnya, dan banyak belajar melelahkan badan. Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat. (Pengkhotbah 12:12-14)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s