Pengenalan Akan Tuhan

Pembicara : Kak Abraham
Tema : Pengenalan Akan Tuhan
Sumber : Yeremia 9: 23-24

Manusia tidak dapat mengandalkan apa yang ada didalam dunia ini. Kekayaan, kepintaran, kebijaksanaan, serta kekuatan manusia terbatas dan nantinya akan hilang. Kita tidak dapat menaruh harapan dan hati kita pada semua hal itu karena begitu hal itu diambil dari kita, kita akan shock dan hancur. Tetapi, pengenalan akan Tuhan tidak akan diambil dari kita. Pengenalan akan Allah bernilai kekal.

Kenapa mengenal Allah itu penting?

1. Karena hal itulah yang disukai dan dirindukan Tuhan.

  • Mengenal Allah tidak sama dengan tahu akan Allah. Mengetahui tentang seseorang bisa didapat dari melhat autobiografinya, melihat riwayat pendidikannya, dan semacamnya. Tetapi, dalam pengenalan ada relasi, ada hubungan, ada kepercayaan. Dalam pengenalan akan Allah, ada hubungan yang intim dengan Allah, ada penyerahan diri pada Allah.

2. Pengenalan akan Tuhan berarti pengenalan akan diri kita sendiri. Manusia selalu ingin mengenali dirinya sendiri, tetapi pengenalan diri kita tidak akan lengkap tanpa pengenalan akan Allah. Manusia diciptakan segambar dengan Allah. Manusia adalah gambar Allah.

3. Pengrnalan akan Tuhan menolong kita untuk mengetahui bahwa kita berharga dihadapan Allah (Yesaya 43: 4). Orang sering menaruh asesori pada dirinya untuk menambah nilai dirinya dihadapan orang lain. Nilai diri orang sangatlah rapuh karena mereka menaruh nilai diri ditangan orang lain. Menurut firman Tuhan, nilai diri kita tidak ditentukan oleh orang lain.

5. Pengenalan akan Allah menolong kita untuk mengenal kondisi dunia. Histori is His story. Sejarah adalah kisahNya.

6. Pegenalan akan Allah berkaitan dengan ibadah kita (Hosea 6: 6). Ketika kita datang beribadah, apakah kita makin mengenal Tuhan? Apakah kita datang beribadah untuk menyenangkan Allah ataukah hanya semata-mata untuk menyenangkan diri kita?

Dampak atau karakter orang yang mengenal Allah menurut J.I. Parker adalah:
1. punya energi yang besar untuk Allah
2. punya pemikiran yang besar tentang Allah,
3. punya kepuasan yang besar di dalam Allah.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s